‎Massa Siahaan‎

Selasa, 26 September 2017


‎Massa Siahaan‎

An unforgettable memory...

Sebuah kenangan yg tak kan terlupakan, menikmati olah raga rafting, arung jeram di sungai Ketahun bersama teman2 Inspektorat Provinsi Bengkulu dan teman2 Inspektorat Kabupaten Lebong.

Sebuah penantian yg sudah berbulan2 di depan mata, namun tak kunjung terealisasikan krn banyaknya tugas2 rutin dan agenda2 kantor yg menguras tenaga, fikiran, terutama waktu.

Akhirnya terwujud juga di siang hari Sabtu tgl 22 September 2017, difasilitasi dan dipandu oleh para profesional Arus Ketahun Lebong, satu diantara 2 operator rafting yg ada di Lebong.

Jujur...bicara arung jera membuat saya deg-degan. Betapa tidak, sampai usia sdh 55 tahun, belum pernah ikut rafting. Ini yang pertama kali...

Namun berkat penjelasan para petugas dan dorongan teman2, dan ada back up tenaga medis, apalagi saya dikawal dan dipandu petugas yg sudah berpengalaman sbg skiper, akhirnya saya memutuskan ikut arung jeram. Yang membuat saya makin pede adalah ketika operator menyiapkan satu perahu emergency dgn kru-nya para profesional.

Tiba di titik start, kita di brief dulu, diberi pembekalan tentang cara2 duduk, cara memegang dayung, cara menyelamatkan diri dan teman bila terjadi perahu terbalik. Dilanjutkan dengan doa memohon perlindungan dari tuhan YME. Semua ini membuat kita makin bergairah utk segera berbasah2...

Sepanjang jalur sungai yg dilalui, selalu disuguhi pemandangan yg membuat kita takjub betapa Tuhan secara luar biasa tlh memberkati negeri ini dgn potensi wisata yang kalo dikelola dgn baik, pasti bisa mendatangkan wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Ada satu hal yg unik dan spesial di jalur Tapus - danau Tes, yaitu tebing curam hampir 90 derajat dari batu alam di sisi kanan dan kiri, dari atas tercurah air yang bila kena sinar matahari menimbulkan efek pelangi yg menakjubkan. Layaklah tempat ini dinamai grand canyon...

Tapi sensasi sesungguhnya adalah tatkala perahu karet kita melintasi jeram, arus sungai yg deras diantara bebatuan yg tidak beraturan, kadang berkelok ke kanan dan ke kiri, dan kadang menukik tajam ke bawah....

Untunglah para skiper (komandan dan supir perahu) di @Arus Ketahun Rafting adalah orabg2 yg profesional, dengan sabar dan respek memandu kami para penumpang utk mengayuh dayung sesuai aba2 yg diberi.

Waktu berjalan tak terasa kami sdh hampir 3,5 jam berada di atas perahu karet mengarungi arus sungai Ketahun dari titik start ke lokasi finish. Rasa syukur kpd Tuhan krn semua rombongan sebanyak 5 buah perahu karet dapat tiba dengan selamat.

Kuangkat tinggi2 kayuh dan kuteriakkan pekik kemenangan bisa menaklukkan beberapjeram sepanjanglur yg dilalui.

Bagikan Post